jump to navigation

Bagaimana Cara Menghitung Diskon? Maret 15, 2009

Posted by wacanbocah in Sains.
trackback

Belanja saat tahun baru memang mengasyikan. Banyak toko melakukan obral. Sebuah supermarket memberi potongan harga 50% + 50%, Apakah jumlahnya menjadi 100%?
Dalam pelajaran matematika di sekolah barangkali kamu sudah belajar mengenai persen. Sekadar untuk mengingatkan di sini akan dikupas kembali.

Sebenarnya, istilah yang baku adalah prosen dan prosentase. Namun masyarakat terlanjur terbiasa menggunakan istilah persen dan persentase. Mungkin karena lebih gampang diucapkan, ya?
Persen menyatakan perbandingan dengan seratus. Jadi 40% berarti 40/100 atau setara dengan 4/10. Misalnya, populasi sebuah kelas 50 anak dengan 40% laki-laki. Berapa jumlah siswa laki-laki dan perempuan? Mudah saja, jumlah siswa laki-laki adalah 40/100 x 50 = 20 anak. Sisanya sebanyak 30 anak merupakan murid perempuan.

Persen banyak digunakan dalam statistik. Gunanya untuk mempermudah dalam menggambarkan suatu keadaan. Misalnya ada kalimat, 60% penduduk Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan. Nah kita dengan cepat bisa membayangkan, bahwa sebagian besar rakyat masih miskin.

Supermarket sering memberikan diskon (potongan harga) yang dinyatakan dengan persen. Misalnya, harga sebuah celana 40 ribu rupiah. Kemudian penjual memberi diskon 20%. Berapa harga akhirnya?

Kita hitung dulu diskonnya, yakni 20% x 40.000 = 20/100 x 40.000 = 8.000.
Jadi harga akhirnya adalah 40.000 – 8.000 = 36 ribu rupiah.

Permainan Kata
Diskon maksimal adalah 100%. Itupun tidak mungkin karena berarti gratis. Coba saja, misalnya sebuah buku harganya 20 ribu dan diberi diskon 100%. Berarti diskonnya 100/100 x 20.000 =20.000.
Jadi, harga akhirnya adalah 20.000-20.000 = 0. Tidak mungkin, toko menjual barangnya dengan harga 0 kan, karena berarti itu gratis.

Nah, kita bahas mengenai diskon 50% + 50% seperti pada foto. Rupanya, ada permainan kata. Diskon 50% persen yang pertama dikenakan pada harga awal. Adapun diskon 50% yang kedua dikenakan pada harga setelah barang itu didiskon.

Misalnya harga barang 100 ribu. Mula-mula dikenakan diskon 50% sehingga harganya menjadi 50 ribu rupiah. Kemudian harga kedua (50 ribu rupiah) dikenakan diskon 50% sehingga harga akhirnya adalah 25 ribu rupiah. Kamu bisa menghitung kan, bahwa diskon totalnya adalah 75%?

Mungkin kamu bertanya, mengapa toko tidak langsung menulis diskon 75%? Mungkin dengan penulisan semacam itu lebih menarik minat pembeli.

CONTOH

Harga sebuah celana adalah 100 ribu rupiah. Diberi diskon 20% + 20% + 20%. Berapa total diskon dan harga akhirnya?

Cara I
1.    Diskon I adalah 10.000 x 20% = 20.000
Harga menjadi 100.000 – 20.000 = 80.000
2.   Diskon II adalah 80.000 x 20% = 16.000
Harga menjadi 80.000 – 16.000 = 64.000
3.   Diskon III adalah 64.000 x 20% = 12.800
Harga menjadi 64.000-12.800 = 51.200
Harga akhirnya adalah 51.200 rupiah.
Total diskon adalah
(100.000-51.200)/100.000 x 100% =48.8%

Cara II
1. Diskon I sebesar 20%
Harga menjadi 100%-20% = 80%
2. Diskon II sebesar 20% x 80% = 16%
Harga menjadi 80%-16% = 64%
3. Diskon II sebesar 20% x 64% = 12,8%
Harga menjadi 64% – 12,8 = 51,2
Total diskon sebesar 100%- 51,2% = 48,8%
Harga akhir 100.000 x 51,2% = 51.200 rupiah

About these ads

Komentar»

1. paman tyo - Mei 12, 2009

saya pernah beli barang diskonan. rupanya pramuniaga sudah capek melepas price tag lama. ternyata harganya sudah dinaikkan 30% :D

2. ANS - September 15, 2009

KENAPA HARGA AKHIR DI CARA PERTAMA 51.200? BUKAN 41.200? TERUS TOTAL DISKONNYA KAN 58.800 BUKAN?

@ He.. sory salah itung. Belum sempat perbaiki…

3. ngupingers - Oktober 6, 2009

yo ngene wis…pokoke…mantab..diskon

blogke lumayan

ngene = begini
pokoke = pokoknya
blogke = blognya

4. nonadita - November 20, 2009

Saya sudah (lumayan) terlatih menghitung diskon, nggak perlu kalkulator segala. Soalnya saya termasuk pemburu diskon :mrgreen:

Btw, ada lho sepupu saya yang kalo belanja bela2in bawa kalkulator ..

5. tini - November 25, 2009

mahu tanya kalau harga rp,99000 udah di potong 95%, terus harga awal sebelum kena diskon 95% berapa.? gmn caca menghitungnya..? tolong. makasih

6. nor amelia - Februari 22, 2010

ku mau tanya gimana cara ngitung nya

7. Nor Amelia - Februari 22, 2010

ku di skul belajar ini ku tuh lom ngrti gmna cranya

8. jane - Mei 4, 2010

bagaimana kalau caranya 120000-15%?bingung banget

mbagaskara2001 - November 22, 2013

15% dari apa dulu? klo dari 120000-nya, ya begini:
hitung dulu 15% dari 120000.

15/100 x 120000
= 18000

jawabannya, ya tinggal kurangkan saja 120000 dengan 18000.
=102000
selesai deh.

9. Anto - Juli 19, 2010

Mas saya mau nanya misalnya
Harga toko A = Rp. 200,000
Harga toko B = Rp. 270,000
Jadi selisih harga antara toko A dan toko B adalah Rp. 70,000
Pertanyaan saya bagaimana mencari persentase selisih harga tersebut?
Terima kasih Mas…:)

wacanbocah - Juli 19, 2010

Wah, ra reti Mas…

10. muet - Agustus 24, 2010

tu soal yg nmr 2….
seharusnya 20% dari 40000
=20/100 X 40000
=40.000-8000
=32000
bkan 36.000

11. heri - November 12, 2010

gimana cara mendapatkan keuntungan 20%, misal nya sebuah mobil harus dijual dengan harga Rp.48.000.000,00 .Berapa harga pembelian mobil tersebut?

heri - November 12, 2010

tolong beri saya jawaban ini. dengan 24 orang pekerja, suatu pasar direncanakan selesai dalam waktu 48 hari. sesudah bekerja selama 12 hari dengan 24 pekerja, pembangunan pasar dihentikan selama 9 hari. Tentukan banyaknya pekerja yang harus ditambah agar pembangunan pasar dapat selesai tepat waktu

12. Einhart - November 17, 2010

Ada Yang Bisa Bantu Saya.Saya Masih Anak Kecil Kls 6 Saya Ada PR.HArga Sepatu 950.000 Diskon 15% HArga Yang Setelah Di Diskon Berapa JAwab YA

mbagaskara2001 - November 22, 2013

15/100 x 950000 = 142500
harga akhir = 950000 – 142500
= 807500

selesai deh.

13. danil - Januari 28, 2011

Supermarket sering memberikan diskon (potongan harga) yang dinyatakan dengan persen. Misalnya, harga sebuah celana 40 ribu rupiah. Kemudian penjual memberi diskon 20%. Berapa harga akhirnya?

Kita hitung dulu diskonnya, yakni 20% x 40.000 = 20/100 x 40.000 = 8.000.
Jadi harga akhirnya adalah 40.000 – 8.000 = 36 ribu rupiah.

Note: tolong di periksa lagi hasilnya apa bukan Rp 32.000,-
:)

14. Frans - Februari 19, 2011

1. Kami meminta satu pertanyaan mengenai suatu proyek yang total dananya sebesar $50.000.sup konyrak minta 10 %.jadi berapa banyak yang harus diberi sebenarnya pada sup kontraktor?

15. febri - September 8, 2011

apabila qta memebeli buku dgn harga 1000 di beri discon 20%,…
pasti qta nanti tnggl membayar 800…..

permasalahannya bgmn cra menghitung dri yg 800 kembali lgi seperti semuala tanpa discount 20% yaiutu 1000?
trma ksh

16. nurikah - Januari 21, 2012

klo cara ngitung diskon yang ad 2 barang gimana ??
kok saya gx ktmu ??

17. ArWoN 4EvEr - Juni 23, 2012

ini saatnya kta blang waoooo.

18. Kaito Ngeblog Untuk Berbagi - Juli 21, 2012

akhirnya mengerti juga saya tentang perhitungan diskon :D selama ini masih bingung untuk menghitungnya :D thanks bro share nya

19. Blog Media - Juli 22, 2012

Sangat Bermanfaat…..

20. Bob Hafiz Tri Raksa - Agustus 26, 2012

8.jane: cocok ku rasa tu…
wkakakak

21. saya mau tanya, n saya masih bingung dari mana mendapatkan Cara I 1. Diskon I adalah 10.000 x 20% = 20.000, apakah rumus ini sudah ada dalam penghitungan diskon mas? - Januari 11, 2013

saya mau tanya, n saya masih bingung dari mana mendapatkan
Cara I
1. Diskon I adalah 10.000 x 20% = 20.000, apakah rumus ini sudah ada dalam penghitungan diskon mas?

Valentina ShopOl - April 24, 2013

saya mau tanya, n saya masih bingung dari mana mendapatkan Cara I 1. Diskon I adalah 10.000 x 20% = 20.000, apakah rumus ini sudah ada dalam penghitungan diskon mas?

saya tau jawabannya:

dia salah ketik kali kurang 0 satu di belakang jadi 100.000
20/100×100.000=20.000

22. Valentina ShopOl - April 24, 2013

Kita hitung dulu diskonnya, yakni 20% x 40.000 = 20/100 x 40.000 = 8.000.
Jadi harga akhirnya adalah 40.000 – 8.000 = 36 ribu rupiah.

saya mau tanya ko jumlahnya 40.000-8000=36 ribu pada hal di kalkulator saya 32 ribu anda salah ketik ya????

23. said - Agustus 12, 2013

SAYA mw tanya bagaemana cara hitung :
apabila harga jual : 675.000 dan harga beli : 500.881, berapa persen kah diskon yang akan diberi dari harga jual harus pas dengan harga beli.?
harga jual x …..% = harga beli
( 675.000 x …% = 500881

24. farhan - Februari 19, 2014

gampang banget

25. christoper - April 21, 2014

balas

26. shania - September 17, 2014

trimakasih……atas bantuannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: