jump to navigation

Memeriksa Mata Menggunakan Snellen Chart April 9, 2008

Posted by wacanbocah in Pengetahuan, Sains, Tips Sehat.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Saat berkunjung ke dokter mata atau optik, mungkin kamu melihat seseorang tengah diperiksa matanya. Sembari ditutup salah satu matanya, orang tersebut diminta mengeja deretan huruf  yang terpasang pada jarak tertentu.

Mudah membaca huruf pada baris teratas karena ukurannya besar. Namun semakin ke bawah semakin kecil. Deretan huruf itu bernama Snellen Chart, digunakan untuk mengukur ketajaman visual (visual acuity). Penemunya adalah ilmuwan Belanda pada abad 18 yakni Hermann Snellen (1834-1908).

Apakah Snellen Chart digunakan untuk mendignosa kelainan atau kerusakan mata? Gunanya adalah mengukur ketajaman visual, jadi tidak secara langsung mendeteksi kelainan. Namun jika mata pasien mengalami low vision (ketajaman lemah), itu merupakan gejala kelainan. Jika demikian, dokter akan memeriksa kelainan apa yang diderita.

Anak-anak dan remaja biasanya mengalami rabun jauh (miopi). Bisa diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa minus. Sedangkan orang tua justru sebaliknya, mengalami rabun dekat (hipermetropi). Benda yang jauh kelihatan jelas, namun yang dekat justru samar-samar. Aneh juga, ya? Untuk mengatasinya digunakan kacamata plus. Selain rabun, ada banyak kelainan mata. Dokter mata akan melakukan tes lanjutan untuk memastikannya.

Jarak Enam Meter

Bagaimana cara melakukan tes Snellen? Mudah saja, pasien berada pada jarak 20 kaki (enam meter) dari chart. Satu mata ditutup, kemudian diminta mengeja deretan huruf dimulai baris atas. Ada 11 baris, semakin banyak baris, semakin bagus pula ketajaman visualnya.

Mata normal bisa membaca huruf pada baris delapan atau disebut juga baris “20/20”. Maksudnya, orang dengan ketajaman “20/20” bisa melihat detail benda dari jarak 20 kaki (enam meter). Orang dengan ketajaman “20/40” mesti mendekat hingga 10 kaki (tiga meter) agar bisa melihat benda yang sama.

Jika ketajaman tidak mencapai baris delapan, berarti kemampuan visualnya lemah. Mungkin rabun sehingga harus mengenakan kacamata. Bukan berarti menderita penyakit, karena jika bisa melihat jelas hingga baris enam masih dianggap masih sehat.

Adakah yang mampu melihat jelas hingga baris sembilan dan seterusnya? Beberapa orang bisa mencapai baris 10, sangat sedikit yang sampai baris 11.

Snellen chart juga bisa digunakan mendeteksi penyakit mata. Jika huruf terlihat miring, mungkin mengalami APA YA . Bisa ditolong menggunakan kacamata cylinder. Atau huruf terlihat jelas namun patah-patah. Berarti ada kerusakan pada lensa mata, untuk mengobatinya dilakukan dengan operasi.

Bagaimana melakukan tes Snellen pada orang yang buta huruf? Bisa saja, menggunakan gambar benda atau simbol, misalnya mobil atau hewan. Namun gambar itu harus didesain  khusus oleh para ahli, bukan sembarang gambar.

Kamu bisa memeriksa ketajaman visualmu sendiri dengan membeli Snellen Chart di toko alat kesehatan. Anak-anak jaman sekarang cenderung memiliki ketajaman visual yang rendah. Biasanya karena terlalu sering menonton televisi, main game, menggunakan komputer, atau membaca dari jarak terlalu dekat agtau membaca di kegelapan. Agar mata tetap sehat, kurangi kebiasaan itu. Lebih baik lagi jika mau membiasakan diri menikmati pemandangan yang jauh seperti gunung atau lautan. Saat memandang kejauhan, lensa mata lebih rileks seakan tengah beristirahat.

Komentar»

1. Budi Ghono - Juli 9, 2008

Begitu ya cara kerjanya?

2. Nabilla eda y - Februari 18, 2009

bagus kali.ya,pd kenyataan anak banyak yg min .kapan2 muat artikel yg isinya tentang minus gara2 etnis….

3. sri mardiana - Juli 2, 2010

makasih ya petunjuk nya…
saya akan coba cara itu,,,🙂

suryaningrum - Mei 30, 2012

tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya

4. panji - Mei 14, 2011

nah klo 15/15 artix ap?
soalx wktu sya test,pengujix blg sperti i2

andaikta cylinder,ap bsa smbuh?
ap bsa tmbh prh?

5. irianto darsono - November 23, 2011

dimana bs beli snellen? mohon infonya

6. Afif AA - Februari 24, 2012

makasih bgt infonya….
mau tanya… klo bisa mmbaca sampai baris ke 11,, itu kelebihan ato justru hipermetropi?
mohon pncerahannya…

7. Dapit Gibet - Mei 6, 2012

makasih yah,,,,,,,,,,,,

8. herra wikan agusti - Februari 9, 2016

memberi tambahan kenapa kalau anak2 banyak miopi dan pada orang tua banyak yang hipermetropi, karena pertumbuhan dari si bola mata itu sendiri, jadi bukan sebuah keanehan itu, tetapi apabila tidak dikoreksi dengan kacamata, maka akan terjadi miopi laten


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: