jump to navigation

Ruang Panik yang Bikin Tenang April 9, 2008

Posted by wacanbocah in Pengetahuan.
Tags: , , , , ,
trackback

Saat tengah bersantai di rumah tiba-tiba angin puting beliung menerjang. Apa yang akan kamu  dilakukan?

Tentu segera mencari tempat berlindung, tapi di mana? Dalam rumah takut ambruk. Di luar ruangan juga belum tentu aman. Di bawah pohon malah berbahaya. Wah susah, ya?

Seperti halnya Indonesia, wilayah Amerika Serikat juga sering dilanda badai atau angin topan. Di sana malah lebih sering dengan kekuatan lebih dahsyat. Namun warga Amerika Serikat tak terlampau khawatir. Jika badai datang, mereka masuk ke dalam ruangan yang disebut dengan panic room (ruang panik).

Namanya memang ruang panik, namun fungsinya bukan untuk menakut-nakuti. Melainkan sebaliknya, sebagai tempat berlindung atau semacam bungker. Hampir semua rumah dan gedung di Amerika Serikat memiliki ruang khusus itu.

Saat era perang dingin antara Amerika Serikat melawan Uni Sovyet (sekarang Rusia), pemerintah AS memerintahkan warga membuat tempat berlindung pribadi. Jika perang benar-benar meletus mereka bisa bersembunyi di tempat aman. Sekarang di era damai, ruang itu digunakan untuk berlindung dari amukan badai. Nama panic room juga mulai diubah menjadi safe room (ruang berlindung).

Di Amerika Serikat badai tak datang tiba-tiba, namun telah dipantau satelit. Sehingga warga punya waktu untuk berlindung. Panik room berisi aneka perlengkapan untuk bertahan hidup di seperti makanan yang awet, pakaian, obat-obatan, alat komunikasi, cadangan listrik, sirkulasi udara, toilet, dan air bersih. Beberapa orang mungkin melengkapinya dengan benda kesayangan seperti komputer, playstation, atau televisi. Jadinya berlindung di panic room malah seperti liburan, ya?

Material pembuat panik room harus kuat. Kebanyakan dinding beton dengan plat baja kedap udara. Untuk sirkulasi udara digunakan AC. Panic room warisan jaman perang biasanya tersembunyi. Menggunakan pintu rahasia yang hanya bisa dibuka menggunakan kode khusus.

Nyatanya, panic room di era damai masih menggunakan sistem keamanan modern. Itu karena tujuan pengunaan panic room meluas. Di antaranya bersembunyi jika ada perampok, menyembunyikan barang berharga atau dokumen penting, bahkan menyimpan lukisan berharga mahal. Para seniman menggunakan panic room sebagai tempat “menyepi” sembari berkarya. Ada yang menulis novel, melukis, atau membaca buku.

Konon kabarnya, piramida Mesir juga merupakan panic room. Digunakan sebagai tempat persembunyian raja Phararoh sekaligus menyembunyikan emas. Piramida memiliki banyak lorong membingungkan. Memiliki banyak pintu rahasia dan jebakan. Sistem keamanan piramida cukup canggih, buktinya banyak emas yang baru bisa ditemukan pada jaman modern.

Di Amerika Serikat terdapat panic room warisan tahun 1800. Lorong tersembunyi di bawah tanah itu sebagai jalan pelarian para budak. Sekarang digunakan sebagai objek wisata.

Bungker di Indonesia banyak ditemui di sekitar gunung berapi, di antaranya Merapi di Magelang. Selain itu, boleh jadi ada orang atau lembaga yang memiliki  ruang rahasia untuk tujuan tertentu. Jangan-jangan, kamu juga punya?

Komentar»

1. michaella - Januari 14, 2009

biasa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: