jump to navigation

India dan Indian, Mengapa Namanya Mirip? Mei 13, 2008

Posted by wacanbocah in Budaya, Pengetahuan, Sosial.
Tags: , , , ,
trackback

India dan Indian, sepintas namanya mirip. Padahal, keduanya berbeda. India berada di Asia, sedangkan Indian adalah nama sebuah suku di benua Amerika. Lantas, mengapa namanya mirip?

Kalau kamu anggota FBI (Fans Berat India), pasti mengenal Shah Rukh Khan, Rani Mukhraije, Salman Khan, dan Prety Zinta. Yap, mereka termasuk deretan artis film top India. Memang, film India banyak disuka di Indonesia. Kamu sendiri, apa suka film India?
India terletak di Asia Selatan, merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia. Jumlah penduduknya lebih dari satu milyar. Meski dalam film sering digambarkan rumah-rumah di India yang mewah, India merupakan negara miskin.
India dihuni beragam suku bangsa. Yang terbesar adalah suku Aria dan Dravida. Mayoritas penduduk memeluk agama Hindu (80,5%) dan Islam (13,4). Kota Bombay di India merupakan pusat industri film yang terkenal, membuntuti popularitas kota Holywood di Amerika Serikat. Tak heran, kota Bombay dijuluki dengan Bolywood.
Selain film, kebudayaan India juga terkenal di dunia. Di antaranya adalah pakaian tradisional yang disebut sari (saree) dan upacara keagamaan.
Peradaban India di lembah Indus merupakan salah satu yang tertua di dunia. Suku bangsa Aria datang dari utara pada tahun 1.500 Sebelum Maeshi (SM) dan mengadakan akulturasi dengan suku Dravida. Percampuran dengan bangsa Arab dimulai pada abad 8, disusul Turki abad 12, terakhir Eropa pada abad 15. Pada abad 19, Inggris menjajah India. Di bawah pimpinan Mahatma Gandhi dan Jawarhalal Nehru, India merdeka dari penjajahan Inggris pada 1947.

Suku Indian
Lain India, lain pula suku Indian. Suku Indian merupakan suku bangsa asli Amerika Serikat. Jauh sebelum bangsa kulit putih (Eropa) menginjakkan kaki ke benua Amerika, suku Indian telah mendiami Amerika.
Diperkirakan, suku Indian datang ke Amerika pada jaman es, sekitar 20 ribu – 30 ribu tahun lalu. Kala itu, populasi suku Indian sekitar 10 juta, mendiami wilayah dari Amerika Serikat hingga Meksiko.
Orang Eropa datang ke Benua Amerika pada abad 16 – 17. Mereka menemui suku Indian memiliki kekayaan alam alam yang berlimpah. Bangsa Eropa menjajah suku Indian. Orang Eropa menguras kekayaan alam Indian, berupa hasil hutan seperti kayu dan binatang. Terjadi perang besar antara suku Indian melawan orang Eropa. Suku Indian kalah, terjadi pembunuhan besar-besaran terhadap orang Indian. Presiden Andrew Jakson melakukan pembunuhan besar-besaran terhadap suku Indian pada tahun 1830. Perang Eropa melawan suku Indian berakhir pada abad 19.
Kini, populasi suku Indian merosot drastis. Menurut sensus, populasi suku Indian di Amerika Serikat hanya sekitar 1,5 juta orang. Mereka hidup sebagai warga negara “kelas dua” yang terbelakang dan miskin.
Nah, kamu telah tahu, India dan Indian berbeda. Lantas, mengapa namanya mirip? Kemiripan nama ini akibat kekeliruan Cristopher Columbus, seorang pelaut Italia. Pada abad ke-15, Columbus ditugasi ratu Spanyol untuk berlayar ke India dan China dengan tujuan mencari emas dan rempah-rempah.
Columbus mengira, di sebelah barat benua Eropa adalah Asia. Dia tidak tahu, di antara kedua benua itu terdapat benua Amerika. Makanya, ketika kapalnya berlabuh di Pulau Guanahani, Columbus mengira dirinya sudah tiba di Asia. Columbus menelusuri gugusan pulau di Kuba dan bertemu dengan penduduk setempat. Karena mengira berada di India, ia menamai penduduk setempat dengan julukan Indian (dari bahasa Inggris yang artinya “orang India”). Meski keliru, sebutan Indian bagi penduduk asli Amerika masih digunakan hingga kini. Panji

Komentar»

1. ariel4ever - Mei 16, 2008

Dari Segi Bahasa India-Indian… aq Masih Bingung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: