jump to navigation

Mengapa Letak Huruf Keyboard Tak Beraturan? Juni 29, 2008

Posted by wacanbocah in Pengetahuan, Sosial.
trackback

Lihatlah papan keyboard atau mesin ketik. Susunan hurufnya tak beraturan. Mengapa tak dibuat urut abjad dari A hingga Z sehingga lebih mudah digunakan?

Jangan salah sangka, susunan huruf pada keyboard memang sengaja dibuat ”jumpalitan” agar lebih mudah digunakan. Lho, kok bisa? Seorang editor koran asal Inggris bernama Chrisptopher Scholes adalah penemu tata letak unik itu tahun 1860-an. Bukan temuan sepele, karena dia meraup banyak uang dari hak paten. Model ini diberi nama QWERTY, sesuai urutan huruf pada baris paling atas. Model itu digunakan secara luas di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Pada awal penemuan, tahun 1714 tata letak mesin ketik dibuat urut (berdasar huruf latin). Apakah menurutmu tata letak keyboard mestinya demikian? Dibuat urut untuk memudahkan mencari huruf ketika mengetik?
Sepintas tata letak yang urut memudahkan. Terutama bagi orang yang mengetik menggunakan ”sebelas jari”. Namun para juru ketik profesional, yang mengetik menggunakan sepuluh jari justru kesulitan.

Mengetik dengan sepuluh jari lebih cepat. Bisa mencapai 60 kata per menit. Namun memang tidak mudah, karena jari mesti hafal letak huruf. Pandangan mata fokus pada naskah, sedangkan jari bergerak sendiri menyusuri tombol.

Memang tak mudah jika belum terbiasa. Tetapi jika sudah mahir, jari akan bergerak secara reflek dan otomatis. Jaman dahulu, kursus mengetik mahal biayanya. Saat belajar mata ditutup kain agar tak bisa melihat mesin ketik. Cara ini disebut ”mengetik buta”.

Huruf-huruf pada mesin ketik disusun sedemikian rupa, yang sering digunakan bersama-sama diletakkan berdekatan. Misalnya, huruf A dan S sering digunakan bersama untuk membentuk kata, maka posisinya dibuat bersebelahan. Sehingga jari bisa lebih cepat menjangkau.

Jika dibuat urut abjad justru menyusahkan. Huruf yang sering digunakan secara bersama-sama, letaknya malah berjauhan. Demikian pula sebaliknya. Misalnya huruf A, B, dan C letaknya berurutan. Padahal, ketiganya jarang digunakan bersama-sama dalam satu kata. Kamu jarang menemui kata yang mengandung sekaligus tiga huruf A, B, dan C kan?

Untuk Orang Kidal
Huruf yang sering digunakan diletakan pada baris tengah. Baris ini digunakan tumpuan jari saat mengetik. Sebenarnya, tata letak ini didesain untuk orang kidal. Huruf-huruf yang sering digunakan diletakkan pada kolom kiri. Maklum, orang Eropa banyak yang kidal. Tangan kirinya lebih aktif, termasuk saat mengetik.

Lay-out QWERTY lebih sesuai untuk kosakata Inggris. Beberapa negara seperti Belgia, Perancis, Jerman, dan Norwegia menciptakan tata letak sendiri yang lebih sesuai dengan kosakata bahasa mereka.
Lay-out QWERTY bukanlah yang terbaik. Seorang ekonom bernama Dr August Dvorak menciptakan tata letak baru dan dipatenkan tahun 1936. Model ini lebih efisien.
Jaman dahulu sering diadakan lomba mengetik. Pesertanya para sekretaris dan juru ketik profesional.

Pemenang biasanya menggunakan mesin ketik Dvorak. Guiness Books of World Record mencatat rekor mengetik tercepat dipegang Barbara Blackburn pada 2005. Sungguh mengagumkan, dia mengetik dengan kecepatan 170 kata permenit menggunakan mesin ketik Dvorak.
Meski lebih efisien, model Dvorak tak populer. Orang terlanjur familier model QWERTY ciptaan Christopher Scholes. Kebanyakan keyboard komputer juga menggunakan model ini, kecuali Apple Macintosh yang menggunakan Dvorak.

Mengetik sepuluh jari banyak manfaatnya. Jika ingin berlatih, kamu bisa mengunduh perangkat lunak komputer gratisan seperti TypeFaster, Typingsoft, dan Sense-Lang. Gunakan search engine google atau yahoo untuk mencarinya.

Belajar mengetik sepuluh jari tak sesulit yang dibayangkan. Rabalah tombol huruf F dan J pada keyboard. Terasa ada tonjolan, kan? Gunanya sebagai patokan jari telunjuk saat mengetik menggunakan sepuluh jari. Panji

Komentar»

1. Zaky - Juli 5, 2008

Hm…, ternyata begitu ya “aturan” tata letak keyboard. Mestinya ada tata letak keyboard khusus Indonesia, ya? Siapa yang mau buat?

2. Mas Budi - Juli 9, 2008

Yap, mestinya dibikin tata letak keyboard yang sesuai dengan kosakata bahasa Indonesia

3. Yani - Juli 24, 2008

Memang memudahkan, ya? Aku nggak bisa merasakan karena pakai 11 jari. Nice post, artikel lain yang menarik dong!

4. xun - Agustus 14, 2008

oo.. begitu ceritanya.. bozzzz.. as baru tau..

5. Alexwebmaster - Maret 3, 2009

Hello webmaster
I would like to share with you a link to your site
write me here preonrelt@mail.ru

6. jk - September 3, 2009

thangkiyu bozzzz… aquh kmrin ngajar statistika anak2 tak suruh ngitung huruf pada potongan koran… ini mungkin bs untuk tambahan ilmu untuk anak2 bahwa huruf A dan S itu berdekatan hasil dari surveyyyy…. thanx

7. kipli - April 14, 2010

ouwww…jadi begitu ya sejrah abjad pada keyboard..
makasih.. ^.^

8. janganlah anda menyianyiakan waktu untuk membaca ini - Agustus 4, 2010

berikut ini merupakan karangan spontan yang saya lakukan menurut kata2 yg ada di kepala saya tanpa saya susun terlebih dahulu. sebelumnya saya mohon maaf apa bila tidak penting. anda tidak perlu repot2 membacanya sampai selesai. dimulai dari kata.. mengapa saya melakukan hal bodoh yang hanya membuat orang jengkel sedangkan pasar swalayan sebelah rumah hampir tutup dan tidak bisa pergi kemana-mana dikarenakan hujan deras yang terus menerus mengguyur kamar mandi yang kotor dan tidak pernah dibersihkan karena pulangnya para pembantu ke kampung halaman rumah yang selalu menjadi spot paling asyik sebagai tempat minum teh di sore hari di tengah rerumputan hijau dengan kicauan burung yang terdengar merdu bagai nyanyian surga dan neraka tak pernah ada masihkah ku bersujud kepadaNya kumemohon ampun dan ridho dan kepadaNya aku memohon rezeki agar aku dapat memiliki kendaraan yang aku impikan selama ini yakni bmw 318i tahun 2001 selain itu aku berharap harap cemas agar tinggalkan aku sendiri di tengah hutan yang gelap pada sore hari suara raungan macan terdengar keras cucuran air terdengar menembus pepohonan yg lebat diatas genteng sehingga banjirpun tak terhindarkab dari tendangan sang captain tsubasa yang sangat mengagumkan bayangkan saja pa bila anda memiliki istri cantik yg sedang menunggu anda dirumah lalu anda di sambut hangat dengan segelas teh hangat dan kecupan manis dari sang istri bagaimanapun dan secantik cantiknya maupun sejelek2nya sang istri dia akan terlihat cantik di mata sang suami apalagi setelah melihat tingkah lakuknya yang sangat memperhatikan anda sepatutnya anda bersyukur dengan hidup anda ditemani keluarga yg hangat ini kah yang dinamakan kebahagiaan? this is the life
-carlito

9. jocko - Agustus 24, 2010

waduhh boosss saya mahasiswa fakultas komputer.saya bingung pas ada yg nanya”knp kok urutan huruf pd keyboard di buat acak dan tidak urut secara abjad A-Z ??”

bingung saya.pertanyaan simple tp tak terfikirkan. nanya mbah google mentok di sni.baru paham saya.

THANKS.
kekekekek

10. farhan junior's - Januari 26, 2012

o… Gitu ya mkcih ya,,…

11. Sahrul papalia - Februari 19, 2012

Memang gampang sih ,tpi kurang oke ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: