jump to navigation

Stetoskop, Earphone-nya Para Dokter Juni 29, 2008

Posted by wacanbocah in Pengetahuan, Tips Sehat.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Para dokter rupanya hobi mendengarkan musik. Lihatlah, sebuah perangkat audio mirip earphone selalu tergantung di leher. Saat memeriksa pasien, kedua speaker kecil itu dipasangkan ke telinga. Tapi itu bukan earphone, melainkan stetoskop. Merupakan alat untuk mendengarkan irama musik yang dimainkan organ tubuh seperti jantung, paru-paru, dan usus.

Stetsokop memang merupakan perangkat audio. Fungsinya tak jauh beda dengan earphone (atau headphone), yakni mengantar gelombang suara ke telinga. Dokter menggunakannya untuk mendengarkan suara dari dalam tubuh manusia, misanya detak jantung, pernapasan di paru-paru, gerak usus, dan desiran darah.

Kata stethoscope diambil dari kosakata Yunani yakni stethos (dada) dan skopeein (memeriksa). Ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis bernama Rene-Theophile-Hyacinthe Laennec pada 1816. Stetoskop pertama dibuat dari kayu berbentuk tabung yang berlubang di tengahnya.

Sebelum stetoskop ditemukan, para dokter menempelkan telinganya secara langsung ke dada penderita. Cara seperti ini tentu mengganggu pasien. Selain itu, suara yang terdengan juga kurang jelas karena hanya menggunakan satu telinga.

Ada dua jenis stetoskop yakni elektronik dan akustik. Stetoskop elektronik lebih modern, menggunakan energi listrik (baterai) untuk memperkuat gelombang suara. Adapun pada stetoskop akustik, suara diperkeras ’’secara alami’’dalam tabung kecil mirip kabel yang terbuat dari plastik.

Bagian ujung stetoskop berupa membran yang akan bervibrasi jika terkena gelombang suara. Adapun kedua ujungnya disalurkan ke dalam telinga. Tentu kamu bertanya, musik seperti apa yang terdengar dari stetoskop?

Jantung
Jantung berfungsi memompa darah, terletak di dada sebelah kiri, di antara tulang rusuk keempat dan enam. Jantung yang normal mengeluarkan irama musik ritmis, bunyinya lub-dub. Suara itu merupakan tanda jantung tengah berkonstraksi. Bunyi gaduh juga terdengar saat katup jantung melakuan gerak menutup.
Kadangkala, terdengar bunyi ’’whoosh’’ setelah suara ’’lub-dub’’. Gejala tersebut disebut ’’murmur’’.

Diakibatkan suara aliran darah masuk ke jantung. Penyebabnya, katup tak menutup sempurna atau dengan kata lain jantung mengalami kelainan.

Paru-Paru dan Saluran Udara
Agar suara paru-paru terdengar jelas, biasanya pasien diminta menarik napas panjang secara pelan. Paru-paru mengeluarkan suara ritmis. Jika ada suara aneh seperti denting atau ciutan, pertanda paru-paru retak atau kemasukan cairan.

Dokter biasanya mengetuk-ngetuk dada pasien menggunakan jari. Terdengarlah gema, akibat pantulan udara dari paru-paru. Cobalah kamu pukul jerigen kosong, suaranya blung-blung.
Jika auaranya ‘mati’ atau tak ada gema, berarti paru-paru mengalami pengerasan karena sakit. Mirip jerigen berisi air, kalau dipukul bersuara blek-blek.

Perut
Pada perut bagian atas terdapat lambung. Organ ini berfungsi ”mengunyah” makanan. Suara-suara ritmis juga terdengar dari organ ini. Ketuklah perut bagian kanan atas, mestinya terdengar suara ’mati’ alias tanpa gema. Di sinilah terletak hati (liver). Turun ke bagian bawah, terdapat usus yang juga mengeluarkan suara ritmis.

Itulah orkestra musik yang dimainkan organ tubuh. Jika tubuh kita sehat, iramanya mengalun merdu dalam stetoskop. Namun jika tubuh kita sakit, suaranya terdengar cempreng dan tak nyaman didengar. Panji

Komentar»

1. Zaky - Juli 5, 2008

Bisakah stateskop mendengarkan suara hatiku…?

2. Blogy - Juli 9, 2008

Sekarang stetospok udah canggih. Bahas juga, dong!

3. Maria - Juli 10, 2008

Berapa harga stetoskop? Apakah nonmedis boleh menggunakan?

4. nancy - November 23, 2008

keren artikelnya. i like it

5. ahaswan - Mei 21, 2009

   

…sangat membantu sekali…

(ok deh)

6. Unie - November 30, 2009

di beri gmbar+bgian+fngsinya jg doonggg…

7. lovy - Desember 1, 2009

kalo stetoskop bisa dengerin dalam hati aq pgen tau gimana sich suara hatinya suami q………….?

8. lovy - Desember 1, 2009

aq pgen tau isi hati suami q……

9. nina - Desember 16, 2009

fiuchhhh….mau tau dong bagian2 stetoskope ntu pa aja,,,
n gmana cara kerjanya…..

10. jodi - Februari 15, 2010

tolong ulas juga tentang cara memriksa bagai mana kita tau ttg suara2 yg gk normal dalam tubuh kita

11. Mutty Karien - Oktober 26, 2012

BMI Medika Jakarta
tlp : 021-96310279/02194210444
Hp : 083811585252/083874904901/081284245874
pin BB : 228a576e / 21f56728

12. irma - Agustus 25, 2013

bisakah stetoskop mencari suara hatiku


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: