jump to navigation

Raja-Raja di Jaman Modern Juli 5, 2008

Posted by wacanbocah in Budaya, Pengetahuan, Sosial.
Tags: , , , , ,
trackback

Lazimnya darah manusia tentu berwarna merah tua. Namun kaum bangsawan konon memiliki darah biru. Masih adakah kerajaan di jaman modern ini?

Alangkah senangnya menjadi bangsawan alias anggota keluarga kerajaan. Dalam dongeng-dongeng dikisahkan mereka tinggal di istana megah, mengenakan busana indah dan menyantap makanan lezat. Semua serba dilayani, ingin apa saja tinggal minta kepada dayang-dayang.

Itulah gambaran indahnya kehidupan para bangsawan di jaman kerajaan. Sekarang jaman sudah modern, masih adakah kerajaan? Oho.., jangan salah sangka. Masih banyak lho kerajaan yang berdiri. Di Indonesia saja terdapat 34 raja atau sultan.

Di antaranya Sultan Hamengkubuwono X yang bertakhta di Kraton Yogyakarta Hadiningrat. Karena Yogyakarta merupakan daerah istimewa (DIY), rajanya sekaligus menjadi gubernur. Aturan itu merupakan ”balas jasa” perjuangan mereka merebut kemerdekaan dari penjajah. Setelah merdeka, kerajaan Yogyakarta bersedia melebur menjadi bagian dari negara Indonesia.

Ingin tahu nama lengkap raja Yogyakarta? Wow panjang banget, Sampeyan Dalem ingkang Sinuhun Kanjeng Sri Sultan Hamengku Buwono Senapati ing Alogo Ngabdurrokhman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Dasa. Wah, kalau namanya sepanjang itu, dulu saat masih sekolah, tentu gurunya bingung menulis namanya di buku absensi, ya?

Di Jawa Tengah juga ada kerajaan. Namanya Surakarta Hadiningrat, rajanya diperebutkan antara Hangabehi dan Tedjowulan. Kemudian ada kesultanan Lampung; Baron, Maluku Utara; Gowa, Sulawesi Selatan; Ternate, Maluku Utara; Sumedanglarang; Kasultanan Bima, dan banyak lagi.

Negara Maju

Aneh, jaman modern kok masih ada kerajaan, ya? Mungkin kamu berpikir negara Indonesia kan belum maju, makanya masih ada kerajaan. Ternyata tidak juga. Nyatanya, banyak negara modern yang berbentuk kerajaan (monarchi) di antaranya Kerajaan Inggris (dipimpin Ratu Elizabeth II), Brunei, Spanyol, Monaco, Jepang, dan Skotlandia. Selain itu para raja juga bertakhta di Thailand, Uganda, Maroko, Tahiti, dan Kenya.

Seperti apakah kehidupan mereka? Raja jaman sekarang pada umumnya hanya berperan dalam bidang kebudayaan. Tak berkuasa secara politik (menarik pajak dan semacamnya). Fungsinya sebagai ”cagar budaya”, menjaga warisan kebudayaan dari nenek moyang di bidang kesenian, patung, dan warisan tradisi lain.

Benda peinggalan kerajaan memiliki nilai sejarah tinggi sehingga menjadi buruan kolektor. Kamu tentu pernah mendengar berita, banyak arca di Museum Radyapustaka Surakarta yang dicuri dan diperjualbelikan dengan harga miliaran rupiah. Ilmu-ilmu rahasia tentang obat-obatan dan jamu dari Kraton Surakarta juga menjadi incaran pengusaha jamu.

Anggota keluarga kerajaan diberi istilah bangsawan. Mereka sering dinyatakan memiliki darah biru. Benarkah darah mereka warnanya biru? Tentu saja, tidak. Seperti lazimnya manusia, darah kaum bangsawan berwarna merah tua.

Lahirnya istilah itu karena jaman dahulu kaum bangsawan biasanya berbadan yang bagus dan berkulit putih. Maklum makanannya terjamin serta sering dirawat para dayang-dayang. Beda dengan rakyat jelata yang tubuhnya kotor dan gembel.

Orang berkulit putih pembuluh darahnya cenderung nampak. Lihat beberapa bagian badanmu, misalnya tangan dan leher. Biasanya terlihat serabut halus berwarna biru. Itulah pembuluh darah yang menjadi asal muasal julukan darah biru bagi keluarga bangsawan. Panji

Komentar»

1. Selaksa - Juli 9, 2008

Ternyata masih banyak raja, ya? Pantesan feodalisme masih mengakar di bumi pertiwi

2. Budi Ghono - Juli 9, 2008

Belum termasuk raja-raja yang bertakhta di kantor dan instansi pemerintah…

3. Arsyad Salam - Agustus 20, 2008

di era otonomi daerah sekarang kian banyak raja2 kecil di daerah.. sikap kesukuan kian ditonjolkan.. sentimen kedaerahan juga kian meningkat.. mau apa mereka ?
salam kenal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: