jump to navigation

Tahukah Kamu, Khasiat Sabun Antibakteri Tak Seampuh yang Diiklankan? September 3, 2016

Posted by wacanbocah in Sains.
trackback

Kamu kerap memakasabun antibakterii sabun antibakteri ketika mandi? Jika harganya lebih mahal, mungkin sebaiknya kamu beralih ke sabun biasa. Karena ternyata, sabun antiseptik tidak lebih unggul dibanding sabun biasa. 

Baca: FDA Batasi Pemasaran Sabun Antibakteri

Hal ini dinyatakan badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA). Mereka menyatakan akan membatasi pemasaran sabun antibakteri. Alasannya, sabun jenis itu ternyata malah tidak aman jika dipakai dalam jangka panjang.  Akibat kandungan zat kimia di dalamnya.

“Sabun antibakteri mengandung bahan kimia triclosan dan triclocarban. Kedua zat ini tidak aman jika digunakan dalam jangka waktu lama” jelas pejabat FDA.

FDA juga menyatakan tidak ada bukti bahwa sabun antibakteri lebih unggul dibanding sabun biasa. Terutama dalam hal membunuh kuman atau mencegah penyakit.

FDA telah melakukan penelitian selama bertahun-tahun sebelum membuat kesimpulan.  “Pembuat sabun tidak mampu membuktikan sabun mereka lebih efektif dibanding sabun biasa,” lanjut pejabat tadi.

Sebenarnya, FDA telah memberi kesempatan kepada produsennya sejak 2013. Mereka diminta memberikan bukti bahwa sabun mereka memang efektif membunuh kuman.

FDA akan mengawasi produk tersebut. Pihak pembuatnya diberi kesempatan satu tahun untuk membuat sabun baru tanpa bahan yang dianggap berbahaya tersebut.

Triclosan banyak digunakan pada sabun  “antibakteri” dan “antimikroba”. Zat tersebut memang mampu merusak dinding sel bakteri, dengan durasi lebih lama dibanding sabun biasa. Tetapi dianggap, khasiatnya sama saja dengan sabun biasa.

Ketika diujicoba pada hewan, zat tersebut mengakibatkan gangguan hormon. Namun belum pernah dilakukan ujicoba pada manusia. Jadi dampaknya kepada manusia juga belum jelas.  Tetapi FDA tetap menilai, zat itu berbahaya jika dipakai terus menerus.

Perlu diingat bahwa peraturan FDA ini hanya berlaku di Amerika Serikat. Serta mungkin saja, pengaruh sabun antibakteri di tiap negara berbeda-beda. (Kabar Manca)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: