jump to navigation

Tahukah Kamu, Musik Lembut Membuat Kita Tidak Egois? September 4, 2016

Posted by wacanbocah in Pengetahuan.
trackback

musikMENDENGARKAN  musik lembut bukan hanya menyenangkan. Tetapi juga membuat kita tidak egois dan lebih mau berbagi. Benarkah?

Musik bernada lembut alias easy listening dengan lirik gembira mendorong pendengarnya menjadi senang berbagi. Juga senang bekerja sama. Ini merupakan hasil penelitian tim dari Cornell University di New York. Penelitian dipimpin Kevin M Kniffin.
Ujicoba dilakukan kepada 78 responden. Mereka dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 39 orang. Kelompok pertama diperdengarkan musik lembut dengan nada gembira. Seperti lagu “Yellow Submarine” dari The Beatless. Serta theme song (lagu tema) dari serial televisi “Happy Days”.

Adapun kelompok kedua diperdengarkan lagu dengan irama keras. Seperti lagu-lagu heavy metal.

Setelah itu, masing-masing kelompok diminta bekerja tim untuk menyelesaikan tugas menggunakan komputer.  Ternyata kelompok dengan musik lembut, cenderung mengerjakan tugas dengan metode kerjasama (team work).

Sedangkan kelompok dengan “musik keras”, malah mengerjakan tugas sendiri-sendiri. Mereka tidak terlihat menyelesaikan tugas dengan bekerja sama.

Percobaan diulang dengan ditambah kelompok yang tidak mendengar musik sama sekali. Ternyata, kelompok yang tidak mendengar musik, juga tidak terdorong untuk bekerja sama.

Kesimpulannya, musik bahagia membuat pendengarnya menjadi gembira. Begitu sebaliknya. Hasil penelitian sudah dimuat di sebuah jurnal ilmiah bernama Journal of Organizational Behavior.

Jika suasana hati positif, maka kita akan terdorong lebih kooperatif dan kreatif. Sedangkan orang yang suasana hatinya negatif, cenderung bekerja secara individu alias enggan bekerjasama dengan orang lain.

Nah, suatu saat jika kita tengah mengerjakan tugas kelompok, sebaiknya sembari memutar musik lembut dan gembira. Agar pekerjaan lebih cepat selesai. Setuju? (*)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: